21 Januari 2008

Pelantikan Anggota Pathfinder dan Master Guide Jemaat CP BSD.

Oleh Indiarto Priadi, Departemen Komunikasi CP BSD

Pernahkah anda berlari kencang dalam waktu relatif lama kemudian berhenti menarik nafas cukup lama dan bersiap untuk berlari dengan kecepatan serupa? Saya pernah, dan itu tidak mudah. Kaki sepertinya enggan diajak berkoordinasi oleh otak sementara peluh lengket di badan, sehingga tidak nyaman.

Situasi yang hampir serupa, namun semoga tidak terbukti adalah ketika jemaat CP BSD hendak menyelenggarakan lagi kegiatan Pathfinder dan Master Guide. 3 tahun lebih kegiatan ini mandek bahkan mati suri. Tetapi tahun baru dan anggota majelis baru tampaknya memiliki semangat sebesar dan setinggi Gunung Everest. Alhasil diputuskanlah revitalisasi kegiatan para remaja dan orang muda (oh ya, orang tua pun dipersilakan ikut jika ingin menjadi Master Guide).

19 Januari lalu, pascakebaktian Sabat, aktifitas yang sudah lama tidak terlihat muncul kembali. Sedikitnya 50 orang baik anak-anak usia 4 sampai 10 tahun, remaja hingga orang tua mengikuti acara pelantikan anggota Petualan (Adventurer), Pathfinder dan Master Guide.

Bayangkan semangatnya. Yel-yel berulangkali membahana di ruang sempit CP BSD. Apalagi suara anak-anak yang mendapati hal baru dengan aneka petualangan di depan mereka. Bahkan suara anggota Master Guide kalah oleh anak-anak ini.

“Menghidupkan kembali kegiatan ini adalah rencana besar yang harus terealisasi, karena kita memiliki kewajiban untuk melayani sesama sekaligus ikut serta dalam kegiatan misionaris”, demikian pesan Eko Crisnawanto, ketua Departemen Pemuda Advent CP BSD.

“Kegiatan ini sempat vakum, tetapi aktifitas hari ini menunjukkan semangat besar jemaat CP BSD untuk meningkatkan kemampuan jemaatnya dalam banyak hal kecakapan”, imbuh Frans Maulany, Pembina Master Guide CP BSD.

Rencana revitalisasi aktifitas Pathfinder dan Master Guide digalang sejak 2 pekan lalu. Dalam rapat terbatas para sponsor PA pertama tahun 2008, semua sepakat untuk mempromosikan kegiatan ini di depan jemaat. Tak kalah Klub Adventurer yang dipimpin Early Hutapea pun bersemangat untuk mengidupkan kegiatan anak-anak.

Jadilah pada Sabat 12 Januari 2008, tim Master Guide berpromosi dengan tayangan dan foto berbagai aktifitas Master Guide di CP BSD dan mancanegara. Seluruh anggota jemaat pun diminta menyanyikan “lagu wajib Pathfinder”. Memang mereka bernyanyi dengan terbata-bata (karena tidak banyak yang hapal, atau tidak tahu), tetapi semangat itu begitu terasa, karena menjadi pandu Yesus Kristus adalah sebuah kebanggan.

Api sudah dikobarkan, dan semangat sudah menyala. Masalahnya bagaimana menjaga bara itu untuk tetap panas dan membakar semangat setiap orang yang terlibat, adalah pertanyaan yang harus dijawab bukan hanya oleh para Pembina Master Guide, Pathfinder dan Adventurer. Semua anggota jemaat, semua orang tua yang memiliki anak baik kelas anak-anak maupun remaja juga terlibat di dalamnya. Kesuksesan dan kegagalan kegiatan ini adalah milik semua orang.

Mungkin ada yang meragukan kemampuan seseorang yang akan berlari selepas beristirahat akan sama kencang seperti sebelumnya. Inilah yang akan dijawab oleh jemaat CP BSD. Jumlah anggota boleh sedikit, tetapi semangat dan imannyanya sebesar biji sesawi yang akan memindahkan sebuah gunung.

God help us.