Earlier Days

RIWAYAT TERBENTUKNYA JEMAAT CEMPAKA PUTIH-BUMI SERPONG DAMAI (CP-BSD)

Penarikan jiwa untuk mengenal Tuhan kita Yesus Kristus dan bertambahnya gereja baru adalah tujuan Organisasi Masehi Advent Hari Ke Tujuh sedunia. Inilah pendorong diadakannya ceremah dan diskusi tentang Gereja Rumah pada Minggu terakhir bulan Juni 1986 di Gedung Pertemuan Advent Jl. Thamrin 22 Jakarta oleh Pdt. Dr. Charles Grivin dan Pdt Dr. Ingada.

Akhirnya diskusi tersebut bermuara pada usaha pembentukan sebuah perkumpulan baru pada bulan Februari 1987 oleh Sdr. Thomas Poluan. Kel. Efli Abdulah, Kel. Krisna Sumanti, Kel. E Laoh dan Kel. JA Langitan. Diskusi berlanjut pada hari Jum’at tanggal 22 Mei 1987 saat Sdr. Raymond F Laoh bertemu Kel. E Laoh. Kata mufakat pun tercapai untuk mengadakan kebaktian pertama di rumah Kel. Efli Abdulah pada hari Sabat 23 Mei 1987. Lebih dari itu, semua yang hadir setuju untuk mengadakan Kebaktian Sabat dan Malam Sembahyang secara bergilir dari rumah ke rumah.

Setelah Kebaktian Sabat tanggal 23 Mei 1987 di Kusen I, Kebaktian malam Sembahyang tanggal 27 Mei 1987 di Kel. JA Langitan, atas persetujuan bersama, Kel. JA Langitan dan Kel. K Sumanti diutus untuk mengunjungi Pdt. Tommy Langitan dan mengundang beliau untuk menggembalakan Perkumpulan Cempaka Putih.

Gayung pun bersambut. Pada Kebaktian Malam Sembahyang tanggal 3 Juni 1987 Pendeta Tommy Langitan hadir dan bersedia menjadi Gembala perkumpulan baru ini. Setelah 7 Sabat, tepatnya pada tanggal 4 Juli, 1987 perkumpulan ini memiliki nama baru yaitu “Cempaka Putih”. Nama yang dipilih oleh Pdt Tommy Langitan.

Langkah kian pasti ketika perjamuan suci pertama digelar pada 11 Juli 1987 dan disambung dengan pemilihan pegawai-pegawai Jemaat Sementara (PJS).

Setelah 8 bulan, Perkumpulan Cempaka Putih diakui keberadaannya melalui Pengumuman Daerah pada Kebaktian 51 Sidang di Aula Pemadam Kebakaran Matraman di akhir Desember 1987. Pdt. Tommy Langitan juga ditetapkan sebagai gembalanya.

Pada Kebaktian Rabu malam tanggal 27 Januari 1988 khotbah Sdr. Eddy Laoh dengan bantuan Roh Suci telah menggerakkan dan membangkitkan semangat dan kerinduan seluruh anggota supaya bergerak lebih aktif dalam rencana pengorganisasian. Maka pada Sabat tanggal 30 Januari 1988, seluruh anggota yang dipimpin oleh Sdr. K Sumanti, telah bersatu hati dan memutuskan dengan suara bulat bahwa tanggal 14 Februri 1988 adalah tanggal pengorganisasian Perkumpulan Cempaka Putih. Acara peresmiannya dilaksanakan pada tanggal 21 Februari 1988 di Gedung Perwakilan Sulut oleh Pdt. K Onsoe.

Tercapainya rencana ini bukanlah tanpa pergumulan. Dalam perencanaan, sering kami di hadang oleh penguasa kegelapan dan dihadapkan pada situasi mengambang, perasaan gelisah dan hampir kecewa. Bukannya oleh kuat, dalam keadaan tidak berdaya Allah mengutus hambaNya menjadi saluran berkat untuk menjawab doa Jemaat ini dan menjawab setiap doa pribadi.

Bagi Jemaat Cempaka Putih, tanggal 14 Februari adalah tanggal kelahiran dan kemenangan iman. Pada hai ini tanggal 21 Februari 1988 kira rayakan kelahiran dan kemenangan itu.

Jakarta 21 Februari 1988

Jemaat Cempaka Putih

Ditulis oleh Sekretaris Sidang Cempaka Putih

Yuliana J Hikoe L

Diedit ulang oleh Sekretaris Sidang CP BSD

Indiarto Priadi pada 14 Januari 2008


DATA GEREJA CEMPAKA PUTIH BSD

NAMA JEMAAT : GMAHK CEMPAKA PUTIH

KEGIATAN PERBAKTIAN MULAI : 23 MEI 1987

ANGGOTA PERTAMA : 34 ORANG

DIORGANISER/DIREMIKAN : 21 FEBRUARI, 1988

YANG PERNAH MENJADI GEMBALA :

A. PDT. TOMMY LANGITAN 1988 – 1989

B. PDT. NN. ELPINA SITEPU 1990

C. PDT. J.A. MANURUNG 1991 – 1998

D. PDTM. SUCIYANTO 1999 – 2002

E. PDTM. YAN PENLA’ANA 2003 – 2006

F. PDT. S. J. MALAU 2007 - PRESENT TIME



ACARA PERESMIAN JEMAAT CEMPAKA PUTIH

PENDAHULUAN

:

UCAPAN SELAMAT DATANG, DISAMBUNG DENGAN LAGU PILIHAN OLEH JEMAAT CEMPAKA PUTIH

KEBAKTIAN

:

NYANYIAN PEMBUKAAN LS. NO. 41 “ 1-3

NYANYIAN PEMBUKAAN

:

LS. NO. 41 “ 1-3

DOA PEMBUKAAN OLEH

:

PDT J. SITORUS (DIR. KOMUNIKASI / ASSO PG BID AB.)

LAGU PILIHAN

:

DARI PADUAN SUARA THE VOULENTEERS

PEMBACAAN

:

RIWAYAT TERBENTUKNYA JEMAAT CEMPAKA PUTIH

LAGU SPECIAL

:

THE BLESSING SINGERS

KHOTBAH PERESMIAN

:

PDT. K. ONSOE, KETUA DAERAH GMAHK JAKARTA DAN SEKITARNYA.

NYANYIAN TRIO

:

JEMAAT KELAPA GADING

PERESMIAN JEMAAT CP

:

PDT. A TAMB. M. DIV

DOA KHUSUS

:

PDT. ZACHARY, DIR KEPENDETAAN MAHK DIV. TIMUR JAUH DI SINGAPORE

LAGU PILIHAN


PD. THE VOULENTEERS

KATA SAMBUATAN

:

PIMPINAN MAHK DKI JAKARTA DAN SEKITARNYA

LAGU

:

VG : JEMAAT RAWAMANGUN

KATA SAMBUTAN

:

DARI KETUA UNI INDONESIA BAGIAN BARAT

LAGU SPECIAL

:

THE BLESSING SINGERS

ACARA RAMAH TAMAH

:

MAKAN DAN MINUM




Note :

Pendeta Dr. Zachary dan istri bekerja sama untuk membuat film dokumentasi Peresmian Jemaat Cempaka Putih

Malaikat Tuhan menjaga kue di mobil VW Kel. Sumanti

Berkat Tuhan melalui makanan dan minuman yang melimpah.

Note :

· Pend